Tips Trading Sehat

Halo sahabat trader, pada postingan sebelumnya(bisa dilihat disini) telah dibahas tentang mind set yang benar. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips trading sehat agar akun kita dan kita sebagai trader tetap sehat dan tidak stress. Tips trading sehat yang akan saya bagi yaitu :

1. Miliki Teknik Trading yang Simple
Teknik trading yang simple sangat diperlukan, karena jika kita memiliki teknik trading yang rumit, terkadang kita sendiri juga akan mengalami kebingungan, walaupun tidak semua trader seperti itu. Ketika kita bingung dan kita memaksa untuk masuk ke dalam market, akan berujung dengan kerugian/loss. Dan apabila mental trading kita belum benar biasanya akan berujung dengan margin call, walaupun tidak semuanya seperti itu. Makadari itu sangan penting memiliki teknik trading yang simple menurut kita pribadi.

2. Sabar dan Disiplin
Yang kedua adalah SaDis, sabar dan disiplin. Istilah ini saya dapat dari master Ahmad Yusuf atau sering dipanggil AY. Sabar dan disiplin memang salah satu kunci keberhasilan dalam trading. Tetapi saya akui sendiri tidak mudah untuk tetap sabar disiplin. Dalam trading kita wajib memiliki trading plan atau perencanaan perdagangan yang  harus dipatuhi(tentang Trading Plan lihat disini). Kita harus sabar dan disiplin dalam menjalankan trading plan yang telah kita buat.

3. Batasi resiko
Banyak sekali trader, terutama trader baru yang melakukan transaksi tanpa mematasi resiko atau tanpa pakai Stop Loss(SL). Padahal resiko adalah hal pertama yang harus dipehitungkan. Biasanya karena terlalu percaya diri dengan analisa, si trader tidak memakai stop loss. Dan ketika floating minus biasanya si trader hanya berharap market akan berbalik dan transaksi menjadi menguntungkan karena jika dilakukan cut loss pada saat itu akan mengalami loss yang sudah tidak sedikit.

4. Hindari Over-Trade
Salah satu hal yang paling sering dilupakan dalam trading sehat adalah menghindari over-trade. Karena ingin mendapatkan profit yang banyak dan cepat, trader pemula(biasanya) melakukan yang namanya over-trade. Padahal melakukan transaksi yang banyak dalam satu waktu sangat membutuhkan skill dan jam terbang yang tinggi. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghindari over trade adalah gunakan laverage yang kecil dan selalu perhatikan margin level, jangan sampai kurang dari 2000%.

5. Gunakan Lot Sewajarnya
Mental trading itu tidak sama dengan mental judi. Jika trader memiliki mental judi mereka akan menggunakan lot yang besar, atau sering disebut dengan "Lot Gajah". Padahal penggunakan lot yang besar sangat beresiko untuk membuat akun kita margin call. Makadari itu hidari penggunaan Lot yang besar. Gunakanlah lot yang sewajarnya minimal lot dengan ketahanan 1000pips(4 digit), lebig banyak lagi lebih baik.

6. Jangan Terpengaruh Profit yang "WOW" dari Trader Lain
Trader-trader pemula biasanya sangat mudah terpancing oleh screen shot(ss) profit yang menakjubkan dari para master. Jika sudah terpancing trader pemula akan berfokus untuk mendapatkan profit yang banyak juga dalam waktu yang singkat. Kalau sudah seperti itu hanya emosi yang mengendalikan, biasanya akan berujung dengan margin call.

Trading merupakan bisnis yang terencana dan untuk jangka waktu lama, bukan bisnis hit n run. Makadari itu sangat diperlukan cara trading yang sehat. Baca juga "Kenapa Kita MC ?". Demikian tips yang dapat saya bagi. semoga bermanfaat.

Terima kasih

2 Responses to "Tips Trading Sehat"

  1. tips trading sehat ini maksudnya kita harus benar benar belajar dan memahami supaya kita tidak mengalami resiko dan juga terkendali segala nya, seperti sering memahami strategi dan juga pengelolaan trading dengan baik, pahami segalanya di akun demo broker gainscopefx

    ReplyDelete
  2. 𝗩𝗣𝗦

    Perusahaan Fort Financial Services menyediakan penggunaan virtual private server (VPS, Virtual Private Server) pada pelanggannya yang menggunakan sistem perdagangan mekanis (Advisors) untuk berdagang.

    Layanan ini memungkinkan robot perdagangan bekerja lebih efisien karena koneksi internet broadband berkualitas tinggi, dan memungkinkan pedagang membuat penyesuaian tepat waktu pada kerja advisornya sesuai dengan kondisi pasar yang volatil.

    Layanan ini memberi pelanggan kami sejumlah keuntungan:

    Pengoperasian advisor yang tidak terganggu
    Pengoperasian advisor yang stabil
    Perdagangan 24 Jam dengan advisor
    Akses cepat ke akun perdagangan
    Kesempatan berdagang simultan dengan dua terminal
    Aktifkan VPS Anda sekarang dengan memilih tab Personal Account di server khusus virtual. Harap diperhatikan bahwa kami menyediakan VPS gratis

    ReplyDelete